Selasa, 04 November 2014

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

1.      PENGERTIAN SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
Informasi adalah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat  dikelola seperti halnya sumber daya lain. Porsi komputer dalam mengolah informasi terdiri dari berbagai aplikasi berbasis komputer, seperti SIA, SIM, DSS, kantor virtual dan sistem berbasis pengetahuan. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa sistem informasi berbasis komputer adalah semua yang mencakup aplikasi berbasis komputer.
Dengan adanya CBSI sangat mempermudah penggunanya dalam memproses serta memperoleh informasi yang mana dulunya  sangat sulit untuk diperoleh. Karena kelebihan dari CBSI ini maka banyak perusahaan atau organisasi yang menggunkannya sebagai media dalam mempermudah karyawannya.

Dalam beberapa hal, nilai CBIS juga dapat dipertimbangkan dari siklus CBIS. Tiap subsistem CBIS menyerupai suatu organisme hidup yaitu : lahir,bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses evolusi ini disebut siklus hidup sistem (system life cycle – SLC), dan terdiri dari tahap-tahapberikut: (1) Perencanaan; (2) Analisis; (3) Rancangan; (4) Penerapan; dan (5)Penggunaan. Siklus hidup suatu sistem berbasis komputer mungkin hanya berlangsung beberapa bulan, atau mungkin berlangsung beberapa tahun, sehingga dapat dikatakan bahwa CBIS mempunyai biaya yang tinggi. Cepat atau lambat, sifat dinamis kebutuhan informasi akan melampaui kemampuan sistem informasi,sehingga sistem itu harus diperbarui. Tahap-tahap siklus hidup sistemmembentuk suatu pola lingkaran. Saat suatu sistem berakhir masa kegunaannya dan harus diganti, suatu siklus hidup baru dimulai, diawali dengan tahap perencanaan.

    2.      EVOLUSI DAN APLIKASI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

1.      SIA /SISTEM INFORMASI AKUNTASI
Sistem informasi akuntansi melaksanakan akuntansi perusahaan, aplikasi ini ditandai dengan penngolahan data yang tinggi.
a.      Pengolahan data : Manipulasi atau transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.
b.      Tujuan Pengolahan Data : mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai didalam maupun di luar perusahaan.
c.       SIA melaksanakan 4 tugas dasar :
1.   Pengumpulan data
2.   Manipulasi data pengklasifikasian, penyortiran, perhitungan, pengikhtisaran, penyiapan dokumen.
3.   Penyimpanan data
4.   penyiapan data
d.      Karakteristik SIA
5 karakteristik pengolahan data yang membedakan SIA dgn subsistem CBIS yang lain :
1.      melaksanakan tugas yang diperlukan
2.      berpegang pada prosedur yang relatif standar
3.      menangani data yang rinci
4.      terutama berfokus historis
5.      menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal.

            Contoh Sistem Informasi Akuntansi : Sistem terdistribusi yang digunakan perusahaan distribusi yaitu perusahaan yang mendistribusikan produk dan jasanya ke pelanggan (mis: perusahaan yang berorientasi produk seperti : manufaktur, pedagang besar, pengecer dll).

2.      SIM /SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
a.      Definisi :
Sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa (Raymond mcLeod, jr), sedangkan menurut Gordon B. Davis SIM adalah integrasi manusia/mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen & pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
b.      Elemen-elemen  SIM : Hardware, Software, Prosedur, Database, Model
c.       Tujuan SIM : Memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan (subunit dapat disasarkan pada area fungsional atau tingkatan manajemen).

3.      SPK /SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN
a.         Definisi : Sistem komputer yang interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan & memanfaatkan data & model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
b.         Tujuan :
1.      Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
2.      Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat untuk membantu integrasi antar tingkat.
3.      Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan & bukan peningkatan efisiennya.
c.          Karakteristik SPK :


·                  Adaptability
·                  Flexibility
·                  User friendly
·                  Support intelligence
·         Design
·         Choice
·         Effectiveness


d.         SPK memiiki 3 tingkatan teknologi
1.      Specific DSS: Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitik terhadap suatu masalah tertentu
2.      DSS Generator: Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat & mudah membuat spesifik DSS
3.      DSS Tools: Suatu hardware/software yang membantu pembuatan spesifik DSS dan generator DSS.
e.          Manfaat SPK :
1.      Meningkatkan jumlah alternative yang dipilih
2.      Pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
3.      Respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan
4.      Kontrol yang lebih baik.

PERBEDAAN SIM, SPK, EDP

SIM
1.   Fokus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
2.   Alur informasi terstruktur
3.   Aktifitas : tanya tawab & penyusunan laporan
SPK
1.   Mengkhususkan pada pengambilan keputusan dari para manajer tingkat atas
2.   Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas & mampu memberi respon dengan cepat
3.   User memiliki kontrol penuh dalam berinteraksi
EDP
1.   Fokus pada data
2.   Proses transaksi yang efisien
3.   Mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis
4.   Membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen.

   4.   OTOMATISASI KANTOR / OFFICE AUTOMATION / OA
a.       Definisi : Semua sistem elektronik formal & informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan.
b.      Fungsi OA: Untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan dan  menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
c.       Tujuan otomatisasi Kantor :
1.      penghindaran biaya
2.      pemecahan masalah kelompok
3.      sebagai pelengkap
d.      Aplikasi otomatisasi kantor :
1.         word processing
2.         email
3.         voice mail
4.         electronic calendering
5.         audio conferencing
6.         video conferencing
7.         computer conferencing
8.         facsimile transmission
9.         video text
10.     imaging
11.     desktop publishing

5.      SISTEM PAKAR
a.      Definisi: Program komputer yang berfungsi seperti manusia, yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.
b.      Komponen sistem pakar :
1.      User interface : memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan sistem pakar.
2.      Knowledge base : menyeimpan pengetahuan gabungan yg digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
3.      Inference engine : memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base.
4.      Development engine : digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar.
c.       Output sistem pakar :
1.      penjelasan pertanyaan
2.      penjelasan pemecahan masalah

REFERENSI

Drs. M.Pd. Saliman. Sistem Informasi Berbasis Komputer. Universitas Yogyakarta http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Saliman,%20Drs.%20M.Pd./CBIS.pdf

Firdaus Solihin. CBSI. Universitas Trunojoyo http://fsolihin.files.wordpress.com/2009/03/si-7-cbis.pdf


Harya. Evolusi Dan Aplikasi Sistem Informasi. harya.staff.gunadarma.ac.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar